7 Obat untuk Sembelit dengan Multiple Sclerosis (MS)

Jika Anda memiliki multiple sclerosis (MS), ada kemungkinan Anda mengalami masalah dengan kandung kemih dan usus Anda. Disfungsi kandung kemih adalah efek samping umum dari MS bersama dengan masalah usus.

Sekitar 80 persen orang dengan MS menangani beberapa jenis disfungsi kandung kemih. Sembelit adalah keluhan usus yang paling umum di MS, menurut National MS Society.
Apa itu konstipasi?

Sembelit dapat menyerang siapa saja kapan saja. Biasanya ditandai dengan gejala berikut:

    buang air besar yang jarang, biasanya kurang dari tiga minggu
    waktu yang sulit melewati tinja
    bangku keras atau kecil
    perut kembung atau tidak nyaman

Kondisi ini dapat disebabkan langsung oleh MS itu sendiri atau tidak langsung dari gejala MS. Apa pun itu, penting bagi Anda untuk membawanya ke dokter. Konstipasi yang tidak terselesaikan dapat memperburuk kandung kemih dan gejala MS lainnya.

Berikut adalah tujuh pengobatan rumah yang dapat membantu menyelesaikan, atau bahkan mencegah, sembelit.
1. Makan lebih banyak serat

Menurut American Heart Association (AHA), diet tinggi serat dapat membantu mengatasi sembelit. Ini juga dapat mengurangi risiko Anda untuk sejumlah kondisi lain, termasuk penyakit jantung dan diabetes. Wanita harus mendapatkan setidaknya 25 gram serat setiap hari dan pria 38 gram sehari.

AHA merekomendasikan mendapatkan serat dari makanan dibandingkan dengan suplemen bila memungkinkan. Biji-bijian utuh, seperti gandum utuh, gandum, dan beras merah, adalah tempat yang bagus untuk memulai. Sumber serat lain yang bagus termasuk:

    buah segar, seperti apel, raspberry, dan pisang
    kacang polong, seperti kacang polong, kacang, dan kacang polong
    kacang-kacangan, seperti walnut dan almond
    sayuran, seperti artichoke dan brokoli

2. Coba agen bulking

Mungkin Anda bukan penggemar sayuran atau Anda merasa tidak punya waktu untuk memasak biji-bijian. Jika itu masalahnya, teruslah mencoba makanan baru sampai Anda menemukan diet serat tinggi yang bekerja untuk Anda. Sementara itu, agen bulking juga dapat membantu.

Agen bulking, juga dikenal sebagai suplemen serat, dapat meningkatkan volume tinja Anda. Itu bisa memudahkan melewati bangku. Mereka termasuk:

    psyllium (Metamucil)
    polycarbophil (FiberCon)
    psyllium dan senna (Perdiem)
    gandum dekstrin (Benefiber)
    methylcellulose (Citrucel)

Untuk memastikan efek yang diinginkan, pastikan Anda membaca petunjuk untuk agen bulking apa pun yang Anda coba. Anda akan sering diinstruksikan untuk mengambil suplemen dengan setidaknya satu gelas air atau cairan bening lainnya.

Sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen ini di malam hari untuk rutinitas buang air besar rutin pagi. Pastikan untuk terus minum banyak cairan sepanjang hari.
3. Minum lebih banyak air

Salah satu cara yang paling bermanfaat untuk meredakan sembelit adalah minum lebih banyak cairan, terutama air. The Mayo Clinic merekomendasikan wanita minum 11,5 cangkir cairan setiap hari dan pria minum 15,5 cangkir.

Ini, tentu saja, hanya perkiraan umum. Jika Anda tidak berada di dekat jumlah itu, itu bisa berkontribusi terhadap konstipasi Anda.

Minum air hangat, terutama di pagi hari, juga bisa membantu mengatasi konstipasi.
4. Tingkatkan latihan Anda

Olahraga teratur dapat membantu mengurangi sembelit atau bahkan mencegahnya terjadi di tempat pertama. Latihan merangsang otot perut yang pada gilirannya dapat merangsang gerakan di usus besar.

Satu penelitian menunjukkan bahwa pijat perut setiap hari memperbaiki gejala konstipasi. Masyarakat Multiple Sclerosis Nasional mengatakan bahwa bergerak lebih banyak dapat memperbaiki gejala MS lainnya dan meningkatkan mood Anda.

Kelelahan dan faktor lainnya dapat menyulitkan untuk berolahraga. Jika ini kasusnya untuk Anda, mulailah dengan latihan dampak rendah seperti jalan cepat atau aerobik air. Setiap jenis aktivitas berarti.
5. Gunakan pelunak kotoran

Jika Anda masih mencari opsi lain untuk mengobati sembelit Anda, pelunak feses dapat bermanfaat. Mereka dapat mengurangi rasa sakit dan strain gerakan usus, dan membantu meringankan rasa tidak nyaman.

Docusate ([Tautan afiliasi:] colace) dan polyethylene glycol ([Tautan afiliasi:] MiraLAX) adalah dua opsi yang tersedia yang tidak memerlukan resep. Keduanya bekerja dengan meningkatkan cairan atau lemak dalam tinja dan membuatnya lebih lembut dan lebih mudah untuk dilewatkan. 6. Bersandarlah pada obat pencahar

Laksatif bukanlah solusi jangka panjang, tetapi dapat memberikan bantuan sementara. Menggunakannya secara teratur dapat benar-benar mengubah nada dan perasaan di usus besar. Ini dapat menyebabkan ketergantungan, yang berarti Anda mulai membutuhkan pencahar untuk setiap gerakan usus.

Obat pencahar dapat digunakan untuk mempercepat tinja tanpa mengganggu usus Anda. Beberapa opsi termasuk bisacodyl (Correctol) dan sennosides (Ex-Lax, Senokot).

Bicarakan dengan dokter Anda terlebih dahulu jika Anda berpikir obat pencahar mungkin menguntungkan Anda.
7. Dapatkan teratur dalam rutinitas Anda

Melakukan rutinitas juga dapat membantu meredakan ketidaknyamanan pada usus. Kunjungi kamar mandi 20 hingga 30 menit setelah makan, misalnya, untuk memanfaatkan refleks gastrocolic alami tubuh Anda. Refleks ini memicu usus Anda berkontraksi dan dapat mempermudah melewati bangku.
Kapan harus ke dokter

Jika konstipasi baru untuk Anda, saatnya untuk memberi tahu dokter Anda. Hanya seorang profesional medis yang dapat memberi tahu Anda jika ada hal lain yang terjadi.

Darah dalam tinja Anda, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, atau rasa sakit yang parah dengan gerakan usus adalah gejala lain yang memerlukan panggilan ke dokter Anda hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar