Cara Menggunakan Magnesium Sitrat untuk Sembelit

Sembelit bisa sangat tidak nyaman dan kadang-kadang menyakitkan. Beberapa orang menemukan kelegaan menggunakan magnesium sitrat, suplemen yang dapat melemaskan isi perut Anda dan memberikan efek laksatif. Pelajari lebih lanjut tentang menggunakan magnesium sitrat untuk mengobati sembelit.
Tentang konstipasi

Jika Anda sudah pergi lebih dari tiga hari tanpa buang air besar atau buang air besar Anda sulit untuk dilewati, Anda mungkin mengalami konstipasi. Gejala lain konstipasi dapat termasuk:

    memiliki bangku yang kental atau keras
    mengejan saat buang air besar
    merasa seperti Anda tidak bisa sepenuhnya mengosongkan perut Anda
    perlu menggunakan tangan atau jari Anda untuk mengosongkan rektum Anda secara manual

Banyak orang mengalami konstipasi dari waktu ke waktu. Biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi jika Anda mengalami konstipasi selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan, Anda mungkin mengalami sembelit kronis. Konstipasi kronis dapat menyebabkan komplikasi jika Anda tidak mendapatkan perawatan untuk itu. Ini dapat termasuk:

    wasir
    celah anal
    impaksi tinja
    prolaps rektum

Dalam beberapa kasus, konstipasi kronis juga merupakan tanda kondisi kesehatan yang lebih serius. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda mengalami konstipasi kronis, atau Anda melihat perubahan mendadak pada kebiasaan buang air besar atau usus.
Apa yang menyebabkan sembelit?

Konstipasi biasanya terjadi ketika sampah bergerak melalui sistem Anda secara perlahan. Perempuan dan orang dewasa yang lebih tua berada pada peningkatan risiko mengembangkan sembelit.

Kemungkinan penyebab sembelit meliputi:

    diet yang buruk
    dehidrasi
    obat-obatan tertentu
    kurangnya olahraga
    masalah saraf atau penyumbatan di usus besar atau rektum Anda
    masalah dengan otot-otot panggul Anda
    kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes, kehamilan, hipotiroidisme, hiperparatiroid, atau gangguan hormonal lainnya

Katakan kepada dokter Anda jika Anda melihat ada perubahan pada kotoran atau kebiasaan buang air besar Anda. Mereka dapat membantu Anda mengidentifikasi penyebab sembelit Anda dan mengesampingkan kondisi kesehatan yang serius.
Bagaimana Anda bisa menggunakan sitrat magnesium untuk mengobati sembelit?

Anda sering dapat mengobati sembelit sesekali dengan obat atau suplemen over-the-counter (OTC), seperti magnesium sitrat. Suplemen ini adalah pencahar osmotik, yang berarti melemaskan isi perut Anda dan menarik air ke dalam usus Anda. Air membantu melunakkan dan melemaskan tinja Anda, yang membuatnya lebih mudah untuk dilewati.

Magnesium sitrat relatif lembut. Seharusnya tidak menyebabkan perjalanan kamar mandi darurat atau mendesak, kecuali jika Anda terlalu banyak mengambilnya. Anda dapat menemukannya di banyak toko obat, dan Anda tidak perlu resep untuk membelinya.

Dokter Anda mungkin juga meresepkan sitrat magnesium untuk membantu Anda mempersiapkan prosedur medis tertentu, seperti kolonoskopi.
Siapa yang bisa menggunakan magnesium sitrat dengan aman?

Magnesium sitrat aman bagi kebanyakan orang untuk digunakan dalam dosis yang tepat, tetapi beberapa orang harus menghindari menggunakannya. Bicarakan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi sitrat magnesium, terutama jika Anda memiliki:

    penyakit ginjal
    sakit perut
    mual
    muntah
    perubahan tiba-tiba pada kebiasaan buang air besar Anda yang berlangsung lebih dari seminggu
    diet magnesium atau natrium-terbatas

Magnesium sitrat juga dapat berinteraksi dengan beberapa obat. Misalnya, jika Anda mengonsumsi obat tertentu untuk mengobati HIV, magnesium sitrat dapat menghentikan obat-obatan ini berfungsi dengan benar. Tanyakan kepada dokter Anda apakah magnesium sitrat dapat mengganggu obat atau suplemen apa pun yang Anda gunakan.
Apa efek samping dari magnesium sitrat?

Meskipun magnesium sitrat aman bagi kebanyakan orang, Anda mungkin mengalami efek samping setelah menggunakannya. Efek samping yang paling umum adalah diare ringan dan ketidaknyamanan perut. Anda juga dapat mengalami efek samping yang lebih serius, seperti:

    diare berat
    sakit perut yang parah
    darah di bangku Anda
    pusing
    pingsan
    berkeringat
    kelemahan
    reaksi alergi, yang dapat menyebabkan gatal-gatal, kesulitan bernapas, atau gejala lainnya
    masalah sistem saraf, yang dapat menyebabkan kebingungan atau depresi
    masalah kardiovaskular, seperti tekanan darah rendah atau detak jantung tidak teratur
    masalah metabolik, seperti hipokalsemia atau hipomagnesemia

Jika Anda mengalami salah satu efek samping ini, berhentilah mengonsumsi sitrat magnesium dan segera hubungi dokter.

Apa bentuk dan dosis yang tepat?

Magnesium sitrat tersedia sebagai solusi oral atau tablet, yang terkadang dikombinasikan dengan kalsium. Jika Anda mengonsumsi sitrat magnesium untuk sembelit, pilih solusi oral. Orang lebih sering menggunakan tablet sebagai suplemen mineral rutin untuk meningkatkan kadar magnesium.

Dewasa dan anak-anak yang lebih tua, usia 12 tahun dan lebih tua, biasanya dapat mengambil hingga 10 ons (oz.) Larutan oral magnesium sitrat dengan 8 oz. air. Anak-anak yang lebih muda, usia 6 hingga 12 tahun, biasanya bisa memakan waktu hingga 5 oz. larutan oral magnesium sitrat dengan 8 oz. air. Bicarakan dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah dosis standar ini aman untuk Anda atau anak Anda. Ikuti petunjuk di botol.

Jika anak Anda berusia 3 hingga 6 tahun, tanyakan dokter mereka tentang dosis yang tepat untuk mereka. Magnesium sitrat tidak dianjurkan untuk anak-anak di bawah usia 3 tahun. Jika bayi atau anak kecil Anda mengalami konstipasi, dokter Anda dapat merekomendasikan opsi perawatan lain.
Apa prospeknya?

Setelah meminum magnesium sitrat untuk bantuan konstipasi, Anda harus mengharapkan efek pencahar dimulai dalam satu hingga empat jam. Hubungi dokter Anda jika Anda memperhatikan efek samping atau tidak mengalami buang air besar. Konstipasi Anda mungkin merupakan tanda kondisi kesehatan mendasar yang lebih serius.
Tips mencegah sembelit

Dalam banyak kasus, Anda dapat mencegah serangan sembelit sesekali dengan mengadopsi kebiasaan gaya hidup sehat. Ikuti kiat-kiat ini:

    Dapatkan olahraga teratur. Misalnya, sertakan 30 menit berjalan ke dalam rutinitas harian Anda.
    Makan makanan bergizi dengan berbagai buah-buahan segar, sayuran, dan makanan kaya serat lainnya.
    Tambahkan beberapa sendok makan dedak gandum yang belum diolah untuk diet Anda. Anda bisa memercikkannya pada smoothies, sereal, dan makanan lain untuk meningkatkan asupan serat Anda.
    Minum banyak cairan, terutama air.
    Pergilah ke kamar mandi segera setelah Anda merasakan dorongan untuk buang air besar. Menunggu bisa menyebabkan konstipasi.

Temui dokter Anda jika magnesium sitrat dan perubahan gaya hidup tidak menghilangkan konstipasi Anda. Mereka dapat membantu Anda menentukan sumber sembelit Anda dan merekomendasikan opsi pengobatan alternatif. Kadang-kadang sembelit adalah normal, tetapi perubahan mendadak atau jangka panjang dalam kebiasaan buang air besar Anda mungkin merupakan tanda kondisi yang lebih serius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar