Apa yang Menciptakan Sensasi Kesemutan di Punggung Saya?

Perasaan menyengat di belakang biasanya digambarkan sebagai sensasi jepitan dan sengatan, menyengat, atau "merangkak". Tergantung pada penyebab dan lokasinya, perasaan itu bisa kronis atau berumur pendek (akut). Segera cari pertolongan medis jika kesemutan disertai dengan:

    kelemahan tiba-tiba di kaki
    masalah berjalan
    Kehilangan kontrol kandung kemih atau usus

Gejala-gejala di samping sensasi kembali kesemutan bisa menandakan kondisi yang lebih serius yang disebut herniasi diskus besar (cauda equina syndrome) atau tumor pada tulang belakang.
Kesemutan kembali menyebabkan di punggung bagian atas

Kesemutan di belakang biasanya disebabkan oleh kompresi saraf, kerusakan, atau iritasi. Beberapa penyebab termasuk:
Plexopathy brakialis

Pleksus brakialis adalah sekelompok saraf di tulang belakang yang mengirim sinyal ke bahu, lengan, dan tangan. Jika saraf-saraf ini meregang atau tertekan, nyeri yang menyengat dan kesemutan bisa berkembang. Dalam kebanyakan kasus, rasa sakit dirasakan di lengan dan hanya berlangsung sebentar. Namun sengatnya bisa memancar di sekitar leher dan bahu. Perawatan meliputi:

    obat nyeri
    steroid untuk mengurangi peradangan
    terapi fisik

Fibromyalgia

Fibromyalgia adalah gangguan sistem saraf pusat yang menghasilkan nyeri otot dan kelelahan yang meluas. Nyeri, mulai dari yang tumpul dan pegal hingga terasa geli, sering lebih buruk di daerah-daerah di mana ada banyak gerakan, seperti bahu dan leher. Kondisi ini sering diobati dengan:

    penghilang rasa sakit
    anti-peradangan
    pelemas otot
    antidepresan, yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan beberapa depresi yang biasanya menyertai fibromyalgia

Radiculopathy serviks

Radiculopathy serviks adalah saraf terjepit yang terjadi di tulang belakang di leher. Saraf leher dapat terjepit (atau dikompresi) ketika salah satu cakram penyerap goncangan yang terletak di antara setiap tulang belakang (tulang tulang belakang) kolaps, tonjolan, atau "herniasi," menekan saraf sensitif. Ini sering terjadi karena penuaan atau mekanika tubuh yang tidak semestinya.

Selain mati rasa lengan dan kelemahan, bisa juga ada kesemutan di bahu dan leher. Sebagian besar kasus akan sembuh dengan:

    beristirahat
    penggunaan kerah leher untuk membatasi rentang gerak
    penghilang rasa sakit over-the-counter
    terapi fisik

Tanda Lhermitte

Tanda Lhermitte adalah sensasi seperti kejutan yang terkait dengan multiple sclerosis (MS), gangguan neurologis. Menurut Asosiasi Multiple Sclerosis Amerika, sekitar 40 persen orang dengan MS mengalami tanda Lhermitte, terutama ketika leher melenturkan ke depan.

Rasa sakit biasanya hanya berlangsung beberapa detik tetapi bisa kambuh. Tidak ada perawatan khusus untuk tanda Lhermitte, meskipun penggunaan steroid dan penghilang rasa sakit adalah perawatan umum untuk MS.
Kesemutan kembali menyebabkan di punggung tengah
Sinanaga

Herpes zoster adalah infeksi yang disebabkan oleh virus yang sama yang menghasilkan chickenpox (virus varicella zoster). Itu mempengaruhi ujung saraf. Setelah Anda menderita cacar air, virus dapat tertidur di sistem Anda selama puluhan tahun. Jika itu menjadi diaktifkan kembali, itu muncul sebagai ruam lepuh yang sering membungkus di sekitar batang tubuh menghasilkan kesemutan atau rasa sakit terbakar. Perawatan termasuk:

    penghilang rasa sakit (termasuk narkotika dalam beberapa kasus)
    obat antiviral
    antikonvulsan
    steroid
    semprotan topikal yang mematikan, krim atau gel
    antidepresan

Kesemutan kembali menyebabkan di punggung bawah
Herniated disc

Sementara disk dapat herniated di sepanjang tulang belakang, punggung bawah adalah situs umum. Perawatan terdiri dari:

    beristirahat
    Es
    penghilang rasa sakit
    terapi fisik

Stenosis tulang belakang

Stenosis spinal adalah penyempitan kolom tulang belakang. Penyempitan ini dapat menjerat dan mencabut akar saraf. Menurut American College of Rheumatology, ini adalah hasil dari osteoarthritis dan menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia. Siapa pun yang berusia di atas 50 tahun berisiko. Seperti bentuk-bentuk arthritis lainnya, itu dirawat dengan:

    penghilang rasa sakit
    anti-peradangan
    pelemas otot
    steroid

Linu panggul

Saraf sciatic berjalan dari punggung bawah ke bokong dan kaki. Ketika saraf dikompres, yang dapat terjadi dengan stenosis spinal atau herniasi, rasa sakit yang menyengat dapat dirasakan dengan baik ke kaki. Untuk menghilangkan rasa sakit, dokter Anda mungkin akan meresepkan:

    anti-peradangan
    penghilang rasa sakit
    pelemas otot
    antidepresan

Perawatan di rumah

Selain mencari perawatan medis, cobalah beberapa terapi berikut:
Kompres dingin dan panas

Bungkus es dengan handuk dan letakkan di area yang sakit selama 20 menit setiap kali, beberapa kali sehari. Gunakan es sampai radang mereda, lalu tambahkan panas jika Anda merasa nyaman.
Beristirahat

Istirahat, tetapi jangan duduk di tempat tidur Anda selama lebih dari satu atau dua hari untuk mencegah otot yang kaku. Tidur dalam posisi janin untuk mengambil tekanan dari tulang belakang. Obat yang dijual bebas

Ambil penghilang rasa sakit seperti acetaminophen (Tylenol) atau ibuprofen (Advil) seperti yang diarahkan.
Postur yang baik

Berdiri dengan bahu Anda kembali, dagu, dan perut dimasukkan.
Mandi

Mandi hangat dengan persiapan oatmeal over-the-counter untuk menenangkan kulit yang tegang.

 Terapi alternatif
Yoga

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Orthopedic Rheumatology yang menganalisis beberapa studi tentang yoga dan nyeri punggung, mereka yang melakukan yoga memiliki lebih sedikit rasa sakit, cacat, dan depresi ketika sampai ke punggung bawah daripada mereka yang tidak melakukan yoga. Bicaralah dengan dokter Anda untuk rekomendasi khusus.
Akupunktur

Penelitian yang dikumpulkan oleh Pusat Nasional untuk Pelengkap dan Integratif Kesehatan menunjukkan bahwa akupunktur adalah terapi yang efektif untuk menghilangkan nyeri punggung bawah. Untuk mengurangi risiko efek samping, lihat ahli akupunktur yang berpengalaman.
Pijat

Setidaknya satu studi menunjukkan bahwa ketika datang ke sakit punggung kronis, pijat jaringan dalam mungkin lebih bermanfaat daripada pijat terapi. Satu peringatan: Sementara pijat mungkin terasa baik, efek penghilang rasa sakitnya umumnya jangka pendek.
Kapan harus ke dokter

Temui dokter setiap kali rasa sakit Anda berlebihan atau terus-menerus, atau memengaruhi aktivitas harian Anda selama lebih dari beberapa hari. Tanda-tanda lain yang Anda butuhkan bantuan medis meliputi:

    sakit punggung disertai demam, leher kaku, atau sakit kepala
    meningkatkan mati rasa atau kelemahan di lengan atau kaki Anda
    masalah menyeimbangkan
    kehilangan kendali atas kandung kemih atau usus

Bawa pulang

Sensasi kesemutan di punggung Anda dapat memiliki berbagai penyebab, banyak di antaranya berkaitan dengan kompresi saraf dan miskomunikasi antara sistem saraf dan otak. Istirahat, penghilang rasa sakit, anti-peradangan, dan terapi fisik adalah perawatan standar dan efektif.

Dalam kasus yang parah dokter Anda dapat merekomendasikan narkotika atau operasi untuk mengurangi tekanan pada syaraf terjepit. Sementara banyak masalah saraf adalah karena penuaan dan penyakit cakram degeneratif, Anda dapat membantu menjaga punggung Anda sehat dengan berolahraga, menjaga berat badan yang sehat, berlatih mekanika tubuh yang baik, dan berhenti merokok, karena nikotin dalam rokok dapat mengganggu aliran darah, sehingga lebih mungkin Anda akan menghadapi degenerasi diskus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar